CARING (Center of Publication in Midwifery and Nursing) : Jurnal Publikasi Penelitian Kebidanan dan Keperawatan
Vol 1 No 1 (2017): Journal Center of Research Publication in Midwifery and Nursing

Peningkatan Hasil Belajar Asuhan Kebidanan IV (Patologi) Melalui Metode Pembelajaran Inkuiri

Novi Ekajayanti, Pande Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2017

Abstract

Mata Kuliah Patologi adalah salah satu subjek yang paling penting bagi mahasiswa kebidanan dalam proses meningkatkan kompetensi yang terkait dengan mata kuliah kebidanan lainnya terutama tentang kegawatdaruratan/ komplikasi. Data di Akademi Kebidanan KARTINI Bali menunjukkan bahwa hasil belajar dari mata kuliah patologi menurun secara signifikan dari tahun ke tahun. Salah satu hal penting yang mempengaruhi hasil belajar adalah metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata kuliah patologi menggunakan metode pembelajaran inquiri. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimen dengan perbandingan kelompok perlakuan dan kontrol. Sampel dalam penelitian ini adalah 107 sampel mahasiswa semester V dari Akademi Kebidanan KARTINI Bali. Uji Mann-Whitney digunakan untuk menganalisis hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan metode pembelajaran inquiri.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

caring

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Jurnal CARING (Center of Research Publication in Midwifery and Nursing) merupakan suatu media publikasi ilmiah resmi yang diterbitan oleh Stikes Bina Usada Bali sebagai wahana ide-ide, inovasi, serta hipotesis baru dalam keperawatan dan kebidanan yang terdaftar di LIPI dengan eISSN.2580-507X untuk ...