Jurnal Manajemen Kewirausahaan
Vol 13, No 1 (2016): JMK Edisi Juni 2016

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN SERTA STRATEGI PROMOSI TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT.EQUITY LIFE INDONESIA

Muh. Ali Maskuri (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)
Rindu Okta Milia Wati (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2017

Abstract

Kualitas Pelayanan dan Strategi Promosi merupakan dua dari beberapa faktor yang diduga relative besar dalam mempengaruhi kepuasan nasabah. Untuk membuktikan pengaruh kedua faktor tersebut, maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Serta Strategi Promosi Terhadap Kepuasan Nasabah PT.Equity Life Indonesia.Penelitian dilakukan pada nasabah PT.Equity Life Indonesia, Jakarta Pusat dengan mengambil 100 sampel dalam waktu Agustus, dengan metode yang digunakan dalam accidental sampling, dan dilakukan uji validitas. Pengambilan data dilakukan dengan instrument kuesioner skala likert.Penelitian menghasilkan tiga temuan utama sesuai dengan hipotesis yang diajukan, yaitu: 1) Kualitas pelayanan (X1) mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan nasabah (Y), dimana koefisien regresinya sebesar b1 = 0,608 dengan probabilitas Sig = 0.000 2) Strategi Promosi (X2) mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan nasabah (Y), dimana koefisien regresinya sebesar b1 = 0,309 dengan probabilitas Sig = 0.000 3) Kualitas Pelayanan (X1) dan Strategi Promosi (X2) secara bersama-sama memiliki pengaruh positif terhadap Kepuasan Nasabah (Y) sebesar 51,7%, sementara sisanya (100% - 51,7% = 48,3%) di pengaruhi variabel lain yang tidak di teliti.Berdasarkan hasil temuan tersebut maka untuk memberikan bahan masukan atau pertimbangan bagi perusahaan PT. Equity Life Indonesia dalam rangka pengembangan kualitas pelayanan dan strategi promosi untuk menghadapi persaingan pasar asuransi yang disarankan untuk memperhatikan kualitas pelayanan dan strategi promosi yang lebih baik karena hal ini akan membentuk loyalitas nasabah dan meningkatkan profit perusahaan. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Dan Strategi Promosi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jmk

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen Kewirausahaan (JMK) is a journal published twice a year (June and December) by LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta that focused on management studies. The aim of the journals is to disseminate the research in management studies that include marketing, finance, production, ...