Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh siswa baik itu ketika mengerjakan soal sendiri, maupun dikerjakan secara berkelompok. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi langsung, dimana peneliti melakukan kontak langsung dengan responden melalui tatap muka. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Siswa diberikan tes terkait dengan materi sistem persamaan linear dua variabel. Tes ini dimaksud untuk  mengetahui kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika dan wawancara dilakukan untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi oleh siswa. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan triangulasi data. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa siswa yang berada pada kelompok dapat saling bertukar pikiran dalam memahami konsep matematika materi sistem persamaan linier dua variabel daripada siswa yang mengerjakan soal secara  mandiri. Dapat disimpulkan pembelajaran kelompok mempermudah siswa dalam memahami konsep karena adanya proses pertukaran pikiran saat memahami konsep dari suatu masalah.Kata Kunci: Konsep, Kelompok, Masalah
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020