Jurnal Math-UMB.EDU
Vol 8, No 1 (2020): Volume 8, Nomor 1 Tahun 2020

MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF MATEMATIKA SISWA KELAS VIII.2 PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI

Hasdelyati, Hasdelyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan kemampuan kognitif melalui hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Divisions. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktifitas dan tes siklus siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 18 Kota Bengkulu Semester Ganjil Tahun Ajaran 2019/2020 berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Divisions dapat meningkatkan aktifitas dan kemampuan kognitif siswa. Peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa dari pra siklus, siklus I dan siklus II secara berturut-turut adalah 69,5; 73,32; dan 83,68 serta ketuntasan belajar klasikal pra siklus I, siklus II dan siklus III secara berturut-turut adalah 40%; 64%; dan 80%. Peningkatan aktifitas belajar siswa dapat di lihat dari nilai hasil observasi aktifitas belajar matematika siswa siklus I, dan siklus II, secara berturut-turut adalah 22,34 (kriteria cukup) dan 25,34 (kriteria aktif).Kata kunci: Aktifitas, Hasil Belajar, Pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Divisions

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal MATH_UMB.EDU mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dan kajian dalam bidang matematika dan pendidikan matematika baik di SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Jurnal MATH-UMB.EDU diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebanyak tiga kali ...