Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu)
Vol 5 No 3 (2016)

KELAYAKAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) KEANEKARAGAMAN FUNGI BERBASIS HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS) DENGAN MEMANFAATKAN BERBAGAI MEDIA FUNGI UNTUK SISWA SMA KELAS X SECARA EMPIRIS

HAMIDAH, SITI (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2017

Abstract

Pengembangan LKS pada materi keanekaragaman fungi berbasis HOTS (High Order Thinking Skills) dengan memanfaatkan berbagai media fungi untuk siswa SMA kelas X. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan LKS materi keanekaragaman fungi yang layak secara teoritis dan empiris. LKS yang dikembangkan dikatakan layak secara teoritis berdasarkan hasil validasi ahli yang dilakukan oleh 2 dosen biologi dan 1 guru biologi SMA dengan persentase kelayakan sebesar 93,42% dengan kategori sangat layak. Kelayakan LKS keanekaragaman fungi berbasis HOTS dengan memanfaatkan berbagai media secara empiris dapat diketahui dari aktivitas siswa, respons siswa, dan hasil belajar siswa. Pengembangan LKS berbasis HOTS (High Order Thinking Skills) yang dilakukan dalam penelitian ini memuat kegiatan mengamati, melaporkan, mengklasifikasi, membuat label, menginterpretsi dan membuat inferensi, memecahkan problema, dan mengkomunikasikan. Pengembangan LKS ini menggunakan model 4D namun hanya sampai pada tahap pengembangan (Define, Design, Develop). Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata seluruh aspek pada LKS keanekaragaman fungi berbasis HOTS dengan memanfaatkan berbagai media fungi dikategorikan sangat layak secara empiris. Kelayakan tersebut dapat diketahui berdasarkan aktivitas siswa pada pertemuan pertama dan kedua dengan persentase sebesar 97,5% dan 98,5%, respons siswa dengan persentase sebesar 98,5%, dan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 91,84 dengan persentase ketuntasan sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa LKS keanekaragaman fungi berbasis HOTS dengan memanfaatkan berbagai media untuk kelas X SMA yang dikembangkan oleh peneliti dikatakan sangat layak secara teoritis dan empiris. Kata kunci: Kelayakan empiris, Lembar Kegiatan Siswa, HOTS (High Order Thinking Skills), Keanekaragaman Fungi.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

bioedu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

BioEdu merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu terbit tiga kali dalam setahun. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian ...