Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu)
Vol 6 No 2 (2017)

VALIDITAS DAN KEPRAKTISAN LKS BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN

SURYANI, LILIS (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2017

Abstract

Discovery learning merupakan model pembelajaran yang sesuai untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013 karena dapat memperkuat pendekatan ilmiah (scientific approach) dalam 3 ranah belajar (pengetahuan, sikap, dan keterampilan). Discovery learning digunakan untuk membantu siswa dalam menggambarkan proses pencernaan yang tidak dapat terindra secara langsung melalui kegiatan pemecahan masalah seperti pengamatan, simulasi, atau percobaan hingga terbentuk kesimpulan akhir. Saat ini SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo telah menggunakan discovery learning tetapi belum mengembangkan perangkat pembelajaran berupa LKS yang berdasarkan prinsip dan karakteristik discovery learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa berbasis discovery learning pada materi sistem pencernaan yang layak berdasarkan validitas dan kepraktisan. Validitas LKS diperoleh dari validasi para ahli menggunakan lembar validasi dengan perhitungan skala Likert (0-4). Kepraktisan LKS diperoleh dari observasi aktivitas siswa selama pembelajaran oleh 4 observer menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dengan memberi ceklis (√) berdasarkan skala Guttman (“ya” bernilai 1 dan “tidak” bernilai nol). Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), namun tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan. Uji coba secara terbatas dilaksanakan pada 16 siswa kelas XI MIA yang heterogen (jenis kelamin dan kemampuan akademik) di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo pada bulan Desember 2016 dengan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan skor rata-rata 3,91 dan sangat praktis dengan skor rata-rata aktivitas 2,985 pada LKS 1 dan 2. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan termasuk dalam kategori layak ditinjau dari aspek validitas dan kepraktisan. Kata Kunci: LKS, validitas, kepraktisan, discovery learning, materi sistem pencernaan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

bioedu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

BioEdu merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu terbit tiga kali dalam setahun. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian ...