Pembelajaran dengan menggunakan kartu permainan Make a Match termasuk salah satu tipe pembelajaran kooperatif yaitu dengan cara mencari pasangan kartu supaya siswa dapat bekerja sama dengan siswa lain dalam menemukan konsep materi yang diajarkan. Materi sistem rangka merupakan salah satu materi yang sulit untuk dipahami dan membosankan bagi siswa. Materi ini lebih banyak hafalan karena terdapat banyak nama latin sehingga pemahaman siswa kurang terhadap  materi yang terdapat pada buku pegangan yang digunakan di sekolah, penjelasan dari guru kurang dipahami oleh siswa dan  kurangnya media pembelajaran yang digunakan. Calon guru diharapkan mampu memfasilitasi siswa untuk menuntaskan hasil belajar siswa pada materi sistem rangka. Oleh karena itu, dilakukan penelitian pengembangan kartu Make a Match pada materi sistem rangka yang bertujuan untuk menhasilkan kartu Make a Match yang efektif serta mendeskripsikan keefektifan kartu Make a Match. Keefektifan ditinjau berdasarkan hasil belajar dan respon siswa. Prosedur pengembangan media menggunakan model ASSURE. Uji coba media dilakukan SMAN 1 Sumberrejo Bojonegoro dengan 20 siswa kelas XI SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada aspek sikap memperoleh persentase sebesar 95% (sangat efektif), aspek pengetahuan memperoleh persentase ketuntasan 100% (sangat efektif) dengan indikator ketercapaian siswa sebesar 94,3%, dan aspek keterampilan memperoleh skor 3,7 (sangat efektif) dan  respon positif siswa memperoleh persentase sebesar 96,4% (sangat efektif). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa kartu Make a Match pada materi sistem rangka sangat efektif, sehingga dapat digunakan sebagai media pendukung dalam proses pembelajaran di kelas XI SMA. kata kunci: media, Kartu Make a Match, materi Sistem Rangka, hasil belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018