Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu)
Vol 8 No 2 (2019)

VALIDITAS BUKU AJAR BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK

Laily, Maulidia (Unknown)
Rachmadiarti, Fida (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2019

Abstract

Collaborative Learning merupakan suatu kerja sama yang menguntungkan peserta didik dengan usaha berkoordinasiuntuk  memecahkan  masalah  bersama-sama  dengan  tahapan-tahapan  kegiatan  belajar  yaitu  Engagement,Exploration,  Transformation,  Presentation,  dan  Reflection.  Collaborative  Learning  dapat  digunakan  untukmelatihkan keterampilan literasi sains dan sikap sosial peserta didik yakni bekerja sama dan berkomunikasi. Literasisains  adalah  suatu  keterampilan  menggunakan  pengetahuan  sains  dalam  kehidupan  sehari-hari.Literasi  sains  salahsatunya  dapat  dilatihkan  melalui  materi  kontekstual.  Keanekaragaman  hayati  merupakan  materi  yang  bersifatkontekstual  yakni  memanfaatkan  lingkungan  sekitar  untuk  pembelajaran.   Tujuan  dari  penelitian  ini  adalahmenghasilkan  buku  ajar  berbasis  collaborative  learning  pada  materi  keanekaragaman  hayati  yang  dinyatakan  validdari  segi  isi,  penyajian  dan  bahasa.  Buku  ajar  yang  dikembangkan  menggunakan  desain  penelitian  model  4-D  yaitudefine,  design,  develop,dan  dessiminate.  Namun,  tahap  dessiminate  tidak  dilakukan  karena  keterbatasan  waktu  danbiaya.Metode  pengambilan  data  menggunakan  metode  validasi  dengan  intrumen  lembar  validasi  yang  ditelaah  dandiisi  oleh  dosen  pakar.  Hasil  validasi  dianalisis  menggunakan  teknik  validitas.  Parameter  dalam  penelitian  inimeliputi  validitas  yang dilihat dari hasil  validitas para  pakar. Hasil penelitian  menunjukkan  validitas buku ajar  yangdikembangkan sebesar 3,93 dengan kategori sangat valid.  Hasil penelitian menunjukkan validitas buku ajar dari segiisi  memperoleh  skor  3,93  dengan  kategori  sangat  valid,  dari  segi  penyajian  memperoleh  skor  4  dengan  kategorisangat  valid,  serta  dari  segi  bahasa  memperoleh  skor  4  dengan  kategori  sangat  valid.  Skor  keseluruhan  validitasbuku ajar yang dikembangkan sebesar 3,98 dengan kategori sangat valid.Kata kunci :Validitas, Buku ajar, Collaborative Learning, Literasi Sains, Materi Keanekaragaman Hayati.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

bioedu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

BioEdu merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu terbit tiga kali dalam setahun. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian ...