Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu)
Vol 8 No 2 (2019)

KELAYAKAN TEORETIS BUKU AJAR MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING KELAS X SMA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS

Anggraini, Nurlita (Unknown)
Rachmadiarti, Fida (Unknown)
Bashri, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2019

Abstract

Buku  ajar  adalah  bahan  ajar  yang  digunakan  dalam  proses  pembelajaran  yang  memudahkan  peserta  didik  untukmemahami  materi  pelajaran.  Materi  perubahan  lingkungan  mempelajari  mengenai  lingkungan  sekitar.  Collaborativelearning merupakan model pembelajaran yang didalamnya memuat kegiatan berkolaborasi/berkelompok dengan tahapan-tahapan antara lain engagement, exploration, transformation, presentation dan reflection yang menekankan pada kegiataneksplorasi  peserta  didik.  Sedangkan  literasi  sains  merupakan  kemampuan  peserta  didik  dalam  menggunakan  ilmupengetahuannya  untuk  memecahkan  permasalahan di  lingkungan  sekitar.  Penelitian  ini bertujuan  untuk  mendeskripsikankelayakan  teoretis  buku  ajar  materi  perubahan  lingkungan  berbasis  collaborative  learning.  Penelitian  ini  menggunakanmodel  pengembangan  4D  yakni  define,  design,  develop  dan  disseminate,  namun  tanpa  tahap  disseminate.  Teknikpengambilan  data  dilakukan  menggunakan  metode  validasi  terhadap  tiga  validator  diantaranya  dosen  ahli  materi,  dosenahli  pendidikan  dan  guru  biologi  SMA.  Teknik  analisis  data  dilakukan  dengan  analisis  deskriptif  kuantitatif.  Buku  ajaryang dikembangkan diharapkan dapat melatihkan literasi sains peserta didik. Hasil penelitian diperoleh  jumlah skor rata-rata  keseluruhan  validitas  3,93  dengan  persentase  sebesar  98,25%  yang  menunjukkan  buku  ajar  yang  dikembangkansangat valid.Kata Kunci: kelayakan teoretis buku ajar, perubahan lingkungan, collaborative learning, literasi sains.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

bioedu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

BioEdu merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu terbit tiga kali dalam setahun. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian ...