Dalam situasi bisnis yang semakin kompetitif ini, satu jenis produk bisa diproduksi olehbeberapa perusahaan yang berbeda atau bahkan satu perusahaan akan menghasilkan satu jenisproduk yang sama dengan label dan tipe yang berbeda. Dengan demikian para konsumen akandihadapkan pada sejumlah pilihan dalam menentukan produk yang akan dibelinya. Seorangkonsumen dalam memutuskan pilihan terhadap produk yang akan dibelinya itu tentunyaberdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu sehingga dirinya merasa puas terhadappilihannya itu. Oleh karena itu para manager di perusahaan tersebut perlu memikirkan faktor-faktorapa saja yang menjadi prioritas utama sehingga tujuan untuk memenuhi kepuasan konsumen tetaptercapai. Keputusan yang diambil oleh para manager itu tentang faktor-faktor apa saja yangdijadikan prioritas didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan konsumen yang akan membeliproduk tertentu. Dalam studi ini akan menggunakan analisis regresi untuk menaksir hubunganantara peubah-peubah bebas Xi dengan peubah tak bebas Y, dimana metoda atau teknik kuadratterkecil akan digunakan untuk menaksir kofisien-koefisien regresi (bi) dalam persamaan yangberbentuk: Yi = b0 + b1X1i + b2X2i + ... + bkXki + ei, dimana ei menyatakan galat acak. Koefisienkoefsienregresi ini nantinya akan menentukan perubahan yang diharapkan dalam mengukur tingkatkepuasan konsumen yang berhubungan dengan setiap perubahan dalam peubah bebas ke-k.Dengan kata lain, akan ditentukan peubah-peubah X mana saja yang mempunyai peranan pentingdalam mengukur tingkat kepuasan konsumen.
Copyrights © 2002