Babul Ilmi Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan
Vol 10, No 1 (2019): Babul Ilmi Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan

HUBUNGAN KOMUNIKASI ASERTIF PERAWAT DENGAN MUTU PELAYANAN DI RUMAH SAKIT

Mutmainah Handayani (Universitas Kader Bangsa Palembang)
Nurman Hidaya (nurmanhidaya.ukb@gmail.com2)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2019

Abstract

Latar Belakang: Komunikasi yang kurang baik masih sering ditemukan dan berdampak pada mutu pelayanan rumah sakit. Tujuan :Diketahuinya hubungan komunikasi asertif dengan mutu pelayanan di rumah sakit. Metode:Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi melalui pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 45 responden, tekhnik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Analisa data menggunakan analisis univariat untuk menganalisis variable yang ada secara deskriptif dan analisis bivariat. untuk mengetahui hubungan variable bebas terhadap variable terikat. Hasil: Sebagian besar perawat menggunakan komunikasi yang baik (77,77%), mutu pelayanan di rumah sakit sebagian besar adalah baik (53,33%)  dan terdapat hubungan signifikan komunikasi dengan mutu pelayanan di rumah sakit (p value 0,000). Saran : Diharapkan pihak manajemen rumah sakit dapat meningkatkan kemampuan komunikasi asertif perawat dengan cara melakukan pelatihan komunikasi asertif bagi perawat agar mampu meningkatkan mutu pelayanan di rumah sakit.Kata Kunci : Komunikasi, Mutu Pelayanan, Rumah Sakit

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Kep

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Veterinary

Description

Babul Ilmi Merupakan Jurnal Ilimiah Multi Science Kesehatan dengan ISSN Cetak: 2087-8362 dan ISSN Online 2622-6200, dimana Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada setiap bulan Juni dan Desember. Bidang Publikasi jurnal ini Multi Science Kesehatan yang dikelolan dan diterbitkan Oleh LPPM ...