Babul Ilmi Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan
Vol 9, No 3 (2018): Babul Ilmi Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan

PERSEPSI MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS

Triwijayanti, Renny (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2018

Abstract

Latar belakang: Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sebagai ujung tombak pembangunan kesehatan mengemban misi untuk mendorong kemandirian masyarakat dalam hal hidup sehat melalui pemberdayaan masyarakat. Wujud nyata dari upaya pemberdayaan masyarakat adalah hadirnya berbagai bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) di setiap wilayah kerja Puskesmas. Tujuan: Untuk mengetahui gambaran   mutu pelayanan kesehatan di puskesmas. Metode: Rancangan penelitian berdasarkan tujuan penelitiannya adalah penelitian deskriptif untuk melihat gambaran mutu pelayanan kesehatan di puskesmas. Pengumpulan datanya menggunakan kuesioner, penelitian ini tidak melakukan perlakuan, tetapi meneliti keadaan yang sudah ada. Hasil: Persepsi terhadap mutu pelayanan administrasi dalam kategori baik sebanyak 79.6% sedangkan persepsi mutu pelayanan dokter, keperawatan, obat dan sarana sebanyak 100% mengatakan persepsinya baik. Saran: Meningkatkan kinerja tenaga sumber daya manusia yang ada di puskesmas agar tetap selalu menjaga mutu dari pelayanan, salah satunya melalui peningkatan pendidikan tenaga kesehatan yang ada dipuskesmas serta update dari keilmuannya. Kata Kunci: Mutu Pelayanan Kesehatan, Puskesamas

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Kep

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Veterinary

Description

Babul Ilmi Merupakan Jurnal Ilimiah Multi Science Kesehatan dengan ISSN Cetak: 2087-8362 dan ISSN Online 2622-6200, dimana Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada setiap bulan Juni dan Desember. Bidang Publikasi jurnal ini Multi Science Kesehatan yang dikelolan dan diterbitkan Oleh LPPM ...