Latar belakang: Menarche salah satu tanda bahwa remaja tersebut telah mengalami perubahan didalam dirinya dan juga dengan berbagai masalah dan perubahan-perubahan baik fisik, biologi, psikologi maupun sosial yang harus dihadapi oleh remaja karena merupakan masa yang sangat penting karena merupakan masa peralihan kemasa dewasa. Tujuan: untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan tentang menarche pada siswi Sekolah Dasar di Kabupaten Musi Banyuasin tahun 2016. Metode: menggunakan Quasi Eksperimental dengan nonequivalen control group design. Populasinya adalah siswi kelas 5 dan 6 Sekolah Dasar Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Hasil: menggunakan uji Wilcoxon pada kelompok intervensi didapatkan nilai significancy 0,000 (p value < 0,05) maka dapat disimpulkan terdapat pebedaan pengetahuan yang bermakna antara sebelum dan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan. Simpulan: penelitian ini menunjukkan pendidikan kesehatan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan tentang  menarche pada siswi Sekolah Dasar. Kata Kunci : Menarche, Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018