Bio-Pedagogi : Jurnal Pembelajaran Biologi
Vol 6, No 2 (2017): BIOPEDAGOGI: Jurnal Pembelajaran Biologi

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Alat Peraga Sistem Pernapasan Manusia

Uki, Nonci M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2017

Abstract

Hasil observasi di beberapa sekolah di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) menunjukkan bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa masih di bawah kriteria ketuntasan minimum (KKM). Hal ini disebabkan karena keterbatasan kreativitas guru dalam memilih metode yang tepat dalam proses pembelajaran, dan masih banyak guru yang belum memanfaatkan media pembelajaran sehingga siswa merasa bosan dan pada akhirnya berpengaruh pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan Konvensional berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran  NHT dan Konvensional. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan dianalisis menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelompok NHT (0,70) dan Konvensional (0,57). Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan alat peraga lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan model Konvensional

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pdg

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Other

Description

Bio-Pedagogi. Jurnal Pembelajaran Biologi adalah jurnal yang dimiliki oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNS. Jurnal Bio-Pedagogi akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cakupan bidang ilmu pembelajaran biologi. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, kajian atau telaah ...