Jurnal Manajemen Bisnis dan Keuangan
Vol 1 No 2 (2020): Oktober

Preferensi MASYARAKAT TERHADAP PEMBELIAN PRODUK MAKANAN HALAL DI DUSUN MLANGI YOGYAKARTA: MASYARAKAT TERHADAP PEMBELIAN PRODUK MAKANAN HALAL DI DUSUN MLANGI YOGYAKARTA

Muhammad Salman Al Farisi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2020

Abstract

Indonesia dengan populasi penduduk mayoritas muslim merupakan pasar potensial yang besar bagi para produsen barang dan jasa. Meskipun masing-masing konsumen memiliki kadar kepatuhan terhadap syariah yang berbeda-beda tergantung tingkat religiusitas mereka, tetapi secara umum konsumen muslim akan memiliki sikap positif terhadap produk-produk yang menggunakan pendekatan halal dalam pemasaran mereka. Seiring dengan meningkatnya jumlah populasi muslim di Indonesia, studi dalam konteks pengakuan terhadap makanan halal perlu diperiksa lebih lanjut. Produk halal harus diakui sebagai simbol kebersihan, keamanan, dan kualitas tinggi bagi konsumen Muslim. Inilah saatnya untuk mempelajari faktor-faktor apa saja yang harus dipertimbangkan dalam mempengaruhi keputusan membeli konsumen muslim secara lebih mendalam sehingga hasilnya dapat memperkuat posisi Indonesia dalam pasar produk halal.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat Dusun Mlangi Yogyakarta lebih banyak mendapatkan informasi mengenai produk makanan halal melalui label halal pada kemasan makanan. Faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi masyarakat terhadap pembelian produk makanan halal di Dusun Mlangi Yogyakarta adalah faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis. Faktor yang paling dominan mempengaruhi preferensi masyarakat terhadap pembelian produk makanan halal di Dusun Mlangi Yogyakarta adalah adalah faktor sosial.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jmbk

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen Bisnis dan Keuangan (JMBK) memuat artikel ilmiah di bidang manajemen, bisnis, keuangan, dan akuntansi, baik konvensional maupun syariah. Meliputi; manajemen keuangan, pemasaran, operasional, SDM, bisnis, kewirausahaan, keuangan, akuntansi, auditing, dan bidang-bidang serupa ...