HUMANIS
Volume 11. No3. Juni 2015

VISUAL COMMUNICATION ELEMENTS OF “WHEN YOU’RE GONE” MUSIC VIDEO CLIP

Ganggas Mahardika (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2015

Abstract

Video musik adalah sebuah film pendek atau video yang mendampingi alunan musik,umumnya sebuah lagu. Video musik modern berfungsi sebagai alat pemasaran untukmempromosi sebuah album rekaman. Istilah video musik mulai popular pada tahun 1980-andengan adanya MTV. Sebelumnya, video musik disebut klip promosi atau film promosi. Salahsatu penyanyi dari Amerika Serikat yang menggunakan teknologi ini untuk mempromosikanlagu andalannya adalah Avril Lavigne. Dalam salah satu video musiknya yang berjudulWhen You’re Gone, lagu tersebut bertemakan kesedihan yang disebabkan oleh perasaanrindu terhadap seseorang yang telah pergi. Komunikasi Visual ditemukan dalam video musikini yang membuat penonton lebih mudah menangkap maksud atau pesan dari lagu tersebut.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa arti dari video musik WhenYou’re Gone dalam hal ini menggunakan teori Visual Communication Elements. Setelahmelakukan analisis, hampir semua elemen dari komunikasi visual digunakan di video musictersebut seperti penampilan, tingkah laku dan properti

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

sastra

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal online Humanis adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Udayana. Salah satu indikator kualitas perguruan tinggi ialah diukur dari seberapa banyak karya ilmiah yang dihasilkan dan telah dipublikasikan. Penulisan karya ilmiah harus mencerminkan budaya ...