HUMANIS
Volume 9. No. 3. Desember 2014

SEMIOTIC ANALYSIS OF “THE CONJURING” MOVIE POSTER ADVERTISEMENT

Ni Luh Putu Juliantari (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2014

Abstract

Jurnal ini difokuskan pada analisis tanda, baik tanda-tanda verbal maupun visualyang diemukan dalam beberapa iklan poster film yang berjudul “The Conjuring”.Analisis ini juga bertujuan untuk mengetahui makna yang ditimbulkan oleh tanda-tandasemiotic dalam iklan poster tersebut. Data dalam analisis ini diambil dari tiga poster“The Conjuring” yang ditemukan di sebuah situs internet yaitu bersumber darihttp/moviepostercollectors.com. Jurnal ini dianalisis mengunakan beberapa teori, yaituteori mengenai tanda yang diungkapkan oleh Saussure (1974), dan juga menggunakanbeberapa teori pendukung seperti teori Verbal and Visual Aspect yang dikemukakan olehDyer (1986) yang digunakan untuk menganalisis tanda-tanda verbal dan visual posterdalam jurnal ini,. Theory of Colour Term yang dibuat oleh Wierzbicka (1996) jugadigunakan untuk menganalisis makna yang trekandung dalam warna-warna yang munculdi dalam iklan poster. Jurnal ini membahas tanda-tanda verbal yang ditemukan dalamposter yang trdiri dari: judul, sub judul, font size, situs internet, pembuat film, logoinstitusi dan tanggal dirilisnya film. Dan tanda-tanda visual dianalisis dalam bentuk:gambar, warna, posisi, dan latar belakang dari poster tersebut. Tanda-tanda verbal danvisual didalam jurnal ini menunjukan jenis film yang dianalisis, yaitu mengnenai filmhorror dan situasi yang buruk yang terjadi di dalam cerita film tersebut beberapa tahunyang lalu.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

sastra

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal online Humanis adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Udayana. Salah satu indikator kualitas perguruan tinggi ialah diukur dari seberapa banyak karya ilmiah yang dihasilkan dan telah dipublikasikan. Penulisan karya ilmiah harus mencerminkan budaya ...