HUMANIS
Volume 1. No. 2. Desember 2012

TERMS OF ADDRESS AND POLITENESS USED TO ADDRESS CUSTOMERS AT GET MORE DISC 3 AND GET MORE DISC 4

Ni Nengah Aseptari (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2012

Abstract

Tulisan ini berjudul istilah-istilah dalam menyapa dan sopan santun yang digunakan dalam menyapa pelanggan di toko Get More Disc 3 dan Get More Disc 4. Analisis ini menggunakan analisis lapangan yang dilakukan di toko tersebut masing0masing. Hasil analisis menemukan bahwa beberapa penjaga toko menggunakan sapaan yang bersifat resmi jika antara penjaga toko dengan pelanggan sudah mengenal satu sama lain. Sedangkan mereka akan menggunakan sapaan yang tidak resmi atau memanggil langsung dengan nama pelanggan, jika antara penjaga toko dan pelanggan sudah mengenal satu sama lain. Sapaan resmi tersebut antara lain adanya penggunanaan Miss., Sir, atau pun Ma’am. Sementara itu, sopan santun yang digunakan oleh penjaga toko terlihat pada adanya ucapan selamat pagi atau selamat siang dan menawarkan bantuan kepada pelanggan.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

sastra

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal online Humanis adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Udayana. Salah satu indikator kualitas perguruan tinggi ialah diukur dari seberapa banyak karya ilmiah yang dihasilkan dan telah dipublikasikan. Penulisan karya ilmiah harus mencerminkan budaya ...