HUMANIS
Volume 11. No3. Juni 2015

LANGUAGE VARIANTS USED BY GAMERS IN RAGNAROK ONLINE II: LEGEND OF THE SECOND SOUTH EAST ASIA

Adi Jaya Windu (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2015

Abstract

Membahas mengenai perubahan bahasa, seperti diskusi antara orang-orangmuda yang sering memperlakukan bahasa sebagai entitas independen dari pembicaradan penulis. Pada kenyataannya, tidak begitu banyak bahwa bahasa itu sendiriberubah, karena pembicara dan penulis lah mengubah cara mereka menggunakanbahasa. Sebagaimana remaja bermain game online berkomunikasi menggunakanbahasa Inggris sebagai bahasa tertulis dan menciptakan kata-kata baru yangmempengaruhi fenomena perubahan bahasa. Dalam komunitas seperti komunitasonline gamer, mereka telah mengubah makna dan gaya bahasa Inggris dengan caramereka sendiri untuk berkomunikasi. Fenomena linguistik menjadi tujuan dari tulisanini. Makalah ini terutama difokuskan pada adanya perubahan bahasa dalam bahasaInggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menggambarkan jenisfenomena bahasa Inggris yang digunakan oleh para gamers dan menganalisamengapa gamers menggunakan jenis bahasa Inggris tersebut di antara mereka.Setelah menganalisis data, ada empat fenomena Perubahan Bahasa yang digunakanoleh para gamers yang terjadi pada data; Bahasa Gamer, kata-kata Slang, PidginEnglish dan Kode-Switching.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

sastra

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal online Humanis adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Udayana. Salah satu indikator kualitas perguruan tinggi ialah diukur dari seberapa banyak karya ilmiah yang dihasilkan dan telah dipublikasikan. Penulisan karya ilmiah harus mencerminkan budaya ...