HUMANIS
Volume 2. No. 1. Januari 2013

THE ANALYSIS OF SIGNS AT ENGLISH PRINTED WOMENCOSMETIC ADVERTISEMENT

Sherly Putri Utami (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2013

Abstract

Penelitian ini berjudul “The Analysis of Signs at English Printed Women Cosmetic Advertisement” berfokus pada makna verbal dan visual dari iklan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan makna verbal dan visual yang digunakan dalam iklan yangditeliti dan  juga hubungan  antara makna verbal  dan visual  dari iklan.Sumber data dalam penelitian ini diambil secara acak dari beberapa Majalah bahasa asingbulanan.  Ada lima buah iklan cetak yang digunakan sebagai data terdiri dari, Maybelline ‘s  Moisture Extreme Lipcolor,  Sally Hansen’s Mega Shine Nail  Top Coat,  Dove Deodorant , Loreal  ‘s  Kiss  Proof  Ultra  Glossy  Lipstick,  Maybelline’s  Volum’ Express  Turbo  Boost Mascara. Analisis dalam penelitian ini dilakukan melalui beberapa langkah. Pertama, iklanyang diperlukan diidentifikasi dan data diklasifikasikan.  Setelah itu,  makna  verbal  danvisual yang digunakan dalam  iklan dan apa  yang  mereka  menandakan dianalisisberdasarkan teori Dyadic diusulkan oleh Saussure,  hubungan antara makna verbal  danvisual  dalam iklan dianalisis  menggunakan teori Semiotik diusulkan oleh Saussure juga(Saussure,  seperti  dikutip  dalam Chandler 1997).  Selain  itu,  analisis disajikan secaradeskriptif untuk memberikan penjelasan yang jelas.Berdasarkan analisis tersebut, setiap iklan memiliki set sendiri penanda dan petandakonsep untuk menyampaikan pesan dan menghasilkan makna, baik secara verbal dan visual. makna verbal  yang dapat  ditemukan dalam Headline,  Body  Copy,  Signature Line,  danStanding Detail sedangkan makna visual dari iklan dapat  ditemukan di  bagian Ilustrasi. Makn-makna tersebut berkolaborasi untuk saling mendukung,  yang menunjukkan hubunganerat antara keduanya.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

sastra

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal online Humanis adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Udayana. Salah satu indikator kualitas perguruan tinggi ialah diukur dari seberapa banyak karya ilmiah yang dihasilkan dan telah dipublikasikan. Penulisan karya ilmiah harus mencerminkan budaya ...