HUMANIS
Volume 3. No. 1. April 2013

THE CONNOTATIVE MEANING OF VERBAL AND VISUAL SIGN ON NIKE SPORT SHOES ADVERTISEMENTS

Desak Ayu Agung Ratna Komala (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2013

Abstract

Makna konotatif terdapat pada setiap iklan, yaitu makna verbal and makna visual. Yaituslogan dan gambar. Makna verbal dibuat dalam bentuk kalimat singkat namun menarik. Halini dimaksudkan agar masyarakat tertarik melihat iklan tersebut. Selalu ada pesantersembunyi dibalik makna konotatif yang ingin disampaikan oleh perusahaan. Sedangkanuntuk makna visual ditambahkan untuk mendukung makna verbal. Dengan menggunakangambar (visual) akan lebih efektif untuk menarik lebih banyak perhatian masyarakat.Misalnya iklan sepatu olahraga dari Nike yang sudah sangat terkenal akan iklan – iklannyayang selalu unik dan menarik perhatian. Terdapat dua iklan yang bisa dijadikan sumber datayaitu iklan Nike Air Max Torch+6 dan Nike Eco yang terdapat di situs resmi Nike yaituwww.nike.com. Adapun dari kedua iklan tersebut terdapat makna konotatif yaitu maknaverbal dan makna visual. Kedua makna tersebut saling melengkapi dan mendukung satusama lain sehingga dapat mengantarkan pesan yang dimaksud oleh perusahaan kepadakonsumen dengan baik tanpa meninggalkan kesan ambigu.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

sastra

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal online Humanis adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Udayana. Salah satu indikator kualitas perguruan tinggi ialah diukur dari seberapa banyak karya ilmiah yang dihasilkan dan telah dipublikasikan. Penulisan karya ilmiah harus mencerminkan budaya ...