HUMANIS
Volume 1. No. 1. November 2012

VISUAL AND VERBAL SIGNS OF HAIR COLOR ADVERTISEMENT FOR ADULT IN WOMEN’S HEALTH MAGAZINE

Lylis Mayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2016

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis tanda verbal dan non verbal yang terdapat dalamsebuah iklan yang dicetak dalam sebuah majalah bahasa Inggris. Penelitian ini diarahkanuntuk menjawab dua pertanyaan mendasar yang terdapat dalam pokok permasalahan.Dalam penelitian ini terdapat satu iklan yang telah dianalisisis yang diambil dari majalahwanita dicetak pada September 2011. Dalam menganalisis tanda verbal dan non verbal,penelitian ini menggunakan teori Sign oleh Leech (1966) dan Saussure dikutip Berger(1984),teori konteks situasi oleh Halliday (1985), teori fungsi dan makna oleh Leech (1974).Hasil kajian menunjukan presentasi non verbal,mampu menjadikan sebuah iklan untukdapat tampil lebih persuasive, menarik dan mudah diingat. Dan dari analysis berdasarkankontek situasi memberikan informasi tentang jenis iklan yang ditampilkan, peserta dari iklandan bahasa yang digunakan untuk membujuk calon konsumen. Hasil kajian jugamenunjukan, pada umumnya iklan memiliki makna konseptual, konotatif dan afektifdigunakan untuk membujuk calon konsumen. Dalam setiap iklan juga menyampaikan fungsibahasa yang digunakan seperti, fungsi informatif, ekspresif dan direktif.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

sastra

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal online Humanis adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Udayana. Salah satu indikator kualitas perguruan tinggi ialah diukur dari seberapa banyak karya ilmiah yang dihasilkan dan telah dipublikasikan. Penulisan karya ilmiah harus mencerminkan budaya ...