Penelitian bertujuan untuk menganalisis tanda verbal dan non verbal yang terdapat dalamsebuah iklan yang dicetak dalam sebuah majalah bahasa Inggris. Penelitian ini diarahkanuntuk menjawab dua pertanyaan mendasar yang terdapat dalam pokok permasalahan.Dalam penelitian ini terdapat satu iklan yang telah dianalisisis yang diambil dari majalahwanita dicetak pada September 2011. Dalam menganalisis tanda verbal dan non verbal,penelitian ini menggunakan teori Sign oleh Leech (1966) dan Saussure dikutip Berger(1984),teori konteks situasi oleh Halliday (1985), teori fungsi dan makna oleh Leech (1974).Hasil kajian menunjukan presentasi non verbal,mampu menjadikan sebuah iklan untukdapat tampil lebih persuasive, menarik dan mudah diingat. Dan dari analysis berdasarkankontek situasi memberikan informasi tentang jenis iklan yang ditampilkan, peserta dari iklandan bahasa yang digunakan untuk membujuk calon konsumen. Hasil kajian jugamenunjukan, pada umumnya iklan memiliki makna konseptual, konotatif dan afektifdigunakan untuk membujuk calon konsumen. Dalam setiap iklan juga menyampaikan fungsibahasa yang digunakan seperti, fungsi informatif, ekspresif dan direktif.
Copyrights © 2012