HUMANIS
Volume 13. No.3. Desember 2015

MESSAGES AND PERSUASION IN VERBAL AND VISUAL SIGNS OF WORLD VISION’S ZAMBIA PROJECT CAMPAIGN VIDEO

Made Yuana Arya Putry (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2016

Abstract

Penelitian ini berjudul "Messages and Persuasion in Verbal and Visual Signs of World Vision’s Zambia Project Campaign Video". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pesan dan mode persuasi yang tekandung dalam tanda verbal dan tanda visual. Data yang dipergunakan untuk penelitian ini diambil dari sebuah video kampanye yang berjudul: "World Vision Water - Meet Violet and the Other Children of the Zambia Project - World Vision". Analisis dalam penelitian ini menggunakan teori tentang tanda oleh Saussure, teori tentang elemen-elemen komunikasi visual oleh Dyer, serta teori tentang gaya persuasi oleh Aristoteles. Dalam penelitian ini ditemukan pesan dalam tanda lisan dan tanda visual bahwa pembuat video mengajak masyarakat untuk turut serta membantu mengatasi krisis air bersih yang melanda masyarakat Zambia. Selain itu, ketiga gaya persuasi yang dirumuskan oleh Aristoteles (etos, patos, logos) juga ditemukan tercermin dalam tanda lisan dan tanda visual.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

sastra

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal online Humanis adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Udayana. Salah satu indikator kualitas perguruan tinggi ialah diukur dari seberapa banyak karya ilmiah yang dihasilkan dan telah dipublikasikan. Penulisan karya ilmiah harus mencerminkan budaya ...