HUMANIS
Volume 15. No.1. April 2016

ANALYSIS OF COSMETIC PRODUCT ADVERTISEMENTS IN ENGLISH PRINTED MAGAZINES

Ni Nyoman Ayu Suryari Karang (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2016

Abstract

Makalah ini berjudul “Analisis Iklan Produk Kosmetik dalam Majalah Bahasa Inggris”. Karya sastra ini di analisis berdasarkan tipe makna dan fungsi dalam aspek verbal, serta jenis-jenis majas yang digunakan dalam iklan produk kosmetik. Data dalam penelitian ini di ambil dari lima jenis iklan produk kosmetik yang berbeda dalam majalah Marie Claire dan majalah Glamour. Teori yang di gunakan dalam menganalisa iklan tersebut berdasarkan teori struktur iklan yang di usulkan oleh Leech (1966), teori makna dan fungsi di dalam iklan produk kosmetik yang di usulkan oleh Leech (1974), serta teori jenis-jenis majas di tulis oleh Perrine (2005). Hasil dari analisa menunjukkan bahwa makna konseptual lebih banyak ditemukan dalam iklan produk kosmetik. Jenis makna konseptual mempunyai makna logis dan dapat juga disebut dengan makna denotatif atau kognitif. Jenis-jenis makna yang ditemukan dalam iklan produk kosmetik selain makna konseptual adalah makna konotatif dan makna afektif.  Dalam jenis-jenis fungsi, fungsi informasional lebih banyak ditemukan dalam iklan produk kosmetik, karena fungsi tersebut dapat memberikan informasi yang lebih jelas mengenai suatu produk. Jenis-jenis fungsi yang dapat ditemukan di iklan produk kosmetik selain fungsi informasional adalah fungsi direktif dan fungsi ekspresif. Salah satu jenis majas yang banyak ditemukan dalam iklan produk kosmetik adalah hiperbola, sementara itu beberapa jenis majas yang berbeda dapat ditemukan dalam iklan produk kosmetik yaitu personifikasi, simbol dan metonimi.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

sastra

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal online Humanis adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Udayana. Salah satu indikator kualitas perguruan tinggi ialah diukur dari seberapa banyak karya ilmiah yang dihasilkan dan telah dipublikasikan. Penulisan karya ilmiah harus mencerminkan budaya ...