INTELEKTIVA
Vol 1 No 05 (2019): INTELEKTIVA : Jurnal Ekonomi, Sosial dan Humaniora E-ISSN 2686-5661

ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PERMINTAAN JAGUNG PADA TINGKAT RUMAH TANGGA DI KECAMATAN PASARWAJO KABUPATEN BUTON

SAFRIN EDY (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Tujuan penelitian adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap permintaan jagung pada rumahtangga”. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton, yaitu pada tiga desa yang meliputi desa Kaongkeongke, Wangguanggu dan Warinta pada bulan September - Desember 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah semua rumahtangga yang terdapat pada tiga desa dalam wilayah kecamatan. Penarikan sampel dilakukan secara multy stages cluster random sampling method dengan jumlah sampel sebanyak 108 rumahtangga. Hasil analisis data diperoleh nilai Fhitung sebesar 13,674 dengan tingkat signifikansi pada a = 0,05 (tingkat kesalahan 5% atau tingkat kepercayaan 95%) sebesar 0,000. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari nilai a = 0,05, dan nilai koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,525 yang berarti bahwa 52,5% keragaman variabel terikat (permintaan jagung) dijelaskan atau dapat diterangkan oleh keragaman variabel bebas yaitu harga jagung, harga beras, harga singkong, pendapatan rumahtangga, jumlah anggota rumahtangga, dan pendidikan ibu rumahtangga berpengaruh nyata terhadap permintaan jagung, sedangkan harga ubi jalar dan selera tidak berpengaruh nyata terhadap permintaan jagung. Sisanya sebesar 47,5% dijelaskan oleh keragaman variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model analisis. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa perilaku konsumen dipengaruhi variabel harga jagung, harga beras, harga singkong, pendapatan rumahtangga, jumlah anggota rumahtangga, dan pendidikan ibu rumahtangga berpengaruh nyata terhadap permintaan jagung, sedangkan harga ubi jalar dan selera tidak berpengaruh nyata terhadap permintaan jagung.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Arts Humanities Chemistry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Public Health Social Sciences Other

Description

INTELEKTIVA Jurnal Ekonomi,Sosial dan Humaniora adalah media diseminasi pemikiran dari berbagai disiplin ilmu. Intelektiva menerbitkan artikel yang berbasis pemikiran ( konseptual ) maupun berbasis riset empirik. Redaksi menerima artikel dengan tema ekonomi dan sosial-humaniora, namun tidak terbatas ...