Rendahnya minat para pencari kerja untuk mengisi posisi pekerjaan di bidang sales didugakarena tingginya kriteria kompetensi yang ditetapkan perusahaan untuk lowongan kerjasales. Dengan adanya dugaan tersebut peneliti tertarik untuk menganalisis kompetensiyang dibutuhkan perusahaan untuk calon karyawan di bidang sales, yang dipublikasikanpada situs lowongan pekerjaan di media online. Dengan adanya penelitian ini diharapkandapat memberikan manfaat bagi para pencari kerja dengan tujuan untuk mengeksplorasikompetensi-kompetensi yang dibutuhkan perusahaan pada bagian sales. Data yangdigunakan menggunakan data sekunder, dengan unit analisis dan pengamatan yangdiambil dari dua situs lowongan pekerjaan online yaitu jobstreet.co.id dan karir.compada tahun 2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik incidental samplingyang berjumlah 385 lowongan pekerjaan sales. Teknik analisis data menggunakancontent analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari lima dimensi kompetensiyang telah dijabarkan oleh Palan (2007) dengan beberapa indikator yang digunakanuntuk pengamatan kompetensi lowongan pekerjaan salesdidapatkan hasil bahwa semuaindikator tersebut diminta oleh perusahaan dan setelah mengumpulkan lebih banyakdata ternyata ada juga tambahan seperti alat penunjang pekerjaan, IPK, domisili dankesehatan fisik didalamnya.
Copyrights © 2017