JPB
Vol 1 No 1 (2019): OKTOBER 2019

STRATEGI KOMUNIKASI KEPALA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS KARIMUN DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BACA MAHASISWA DI UNIVERSITAS KARIMUN

Said Nuwrun Thasimmim Yuyun (Universitas Karimun)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2019

Abstract

Untuk mengembangkan minat membaca siswa di Universitas Karimun strategi komunikasi yang sangat diperlukan dalam menerapkan kepala perpustakaan tentang pentingnya minat baca di kalangan siswa, setelah mempelajari beberapa hal yang mempengaruhi keberhasilan komunikasi karena perubahan minat baca menjadi minat dalam membaca. bacaan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berupaya memberikan gambaran tentang situasi yang terjadi, yang dikenal sebagai penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang memberikan gambaran sistematis tentang fakta atau karakteristik populasi tertentu yang faktual dan akurat (Rachmat, 2004: 25). Secara definitif, Kirk dan Miler mendefinisikan bahwa penelitian kualitatif adalah tradisi tertentu dalam ilmu sosial yang secara fundamental bergantung pada pengamatan pada manusia baik di wilayah tersebut maupun dalam terminologinya (dalam Moleong, 2004: 4). Populasi adalah objek pengamatan yang karakteristiknya diketahui. Populasi dalam penelitian ini total 27 anggota, yaitu kepala perpustakaan sebagai petugas dalam administrasi layanan perpustakaan. Kurangnya kesadaran siswa terhadap perpustakaan. Kelembagaan / kepemimpinan kegiatan perpustakaan undervaluasi karena dianggap kegiatan pelengkap dari lembaga pendidikan. Kurangnya dukungan dalam administrasi perpustakaan Universitas Karimun. Dimana perpustakaan masih perlu menambah jumlah fasilitas seperti koleksi buku dan komputer serta mendukung siswa dalam mendapatkan informasi dan pengetahuan. Dan juga kondisi kamar yang tidak memadai membuat banyak siswa yang tidak dapat dilayani pada satu waktu.

Copyrights © 2019