JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri)
Vol 4, No 5 (2020): November

PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PRODUK DAN METODE PEMASARAN PADA AGROINDUSTRI KOPI WULAN KABUPATEN BONDOWOSO

Elida Novita (University of Jember)
Luh Putu Suciati (University of Jember)
Nian Riawati (University of Jember)
Idah Andriyani (University of Jember)
Hendra Andiananta Pradana (University of Jember)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2020

Abstract

Abstrak: Produk olahan yang diupayakan di Agroindustri Kopi Wulan baru berupa kopi bubuk danu[A1] [A2] kegiatan pemasarannya berjalan kurang efektif. Penjualan produk di agroindustri tersebut masih bersifat konvensional sehingga memiliki keterbatasan waktu dan jangkauan pemasaran. Salah satu alternatif metode promosi dan penyebaran informasi adalah implementasi teknologi informasi serta komunikasi berupa pemanfaatan websitedan media sosial.Tujuandari Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) yang dilaksanakan di Tanah Wulan, Kecamatan Maesan, Bondowoso yaitu melakukan pendampingan pembuatan inovasi produk dengan memanfaatkan daun kopi sisa pemangkasan dan limbah kulit buah kopi sertapengmebangan metode pemasaran serta penyebaran informasi menggunakan websitedan media sosial pada produk Agroindustri Kopi Wulan.Tahapan pendampingan berupa pembuatan teh dari kulit buah kopi (casacara) dan daun kopi (konoha) serta pengembangan sarana promosi dalam jaringan yaitu inventarisasi kondisi dan kegiatan agroindustri kopi, dokumentasi kegiatan, dan pembuatan konten serta pemeliharaan website. Hasil pendampingan pembuatan tehcascara dan konoha berpotensi meningkatkan antusiasme dan pengetahuan peserta pelatihan dalam pemanfaatan limbah dari pengolahan komoditi kopi Media online yang sudah dibuat dan digunakan sebagai media promosi produk Agroindustri Kopi Wulan yaitu Website, Instagram, Facebook, YouTube, dan e-commerce Shopee. Capaian dari kegiatan perluasan pemasaran ini berupa potensi peningkatan penjualan produk Agroindustri Kopi pada Tahun 2019 diperkirakan sebesar 500% dari tahun 2018.  Abstract: The sale of products in the Wulan Coffee Agroindustry is still conventional, so it has limited time and marketing reach. The objectives of the PPPUD were to assist in product innovations created by utilizing waste and developing marketing methods using online media (websites and social media) on Wulan Coffee Agroindustry products in Maesan District, Bondowoso Regency. Several stages of assisting the coffee pulp tea (cascara) and leaves coffee tea (konoha) production and development of promotional tools in the network, i.e. an inventory of the conditions and activities of the coffee agroindustry, taking documentation of activities, and creating content and maintaining the website. The results of assistance in cascara and konoha tea production showed the potential to increase the enthusiasm and skill of participantsin waste management fromcoffee processing. The online media that has been created and used as a promotional media for Wulan Coffee Agroindustry products, i.e. the Website, Instagram, Facebook, YouTube, and Shopee e-commerce. The achievement of this activity is the potential to increase the sales of Wulan Coffee Agroindustry products in 2019, an estimated 500% from 2018.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jmm

Publisher

Subject

Other

Description

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) is a journal published by the Mathematics Education Departement of Education Faculty of Muhammadiyah University of Mataram. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) aims to disseminate the results of conceptual thinking and ideas, especially the results of educational research ...