Tsarwah : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Vol 1 No 01 (2016): Januari-Juni 2016

RASIONALITAS KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Iik Syakhabyatin (Unknown)
Jubaedah Jubaedah (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2017

Abstract

Islam adalah agama yang sempurna. Kesempurnaannya meliputi semua pengaturan kehidupan manusia yang mencakup ibadah dan mu’amalah. Salah satu aspek mu’amalah manusia adalah berkaitan dengan konsumsi. Konsumsi seorang muslim memliki pola dan pendekatan yang berbeda dengan seorang non muslim.Dari sini, penulis ingin menguak mengenai konsumen rasional dalam perspektif Islam dengan menyingkap teori-teori konsumsi dan mengaitkannya dengan nilai-nilai Islam. Dari situ, dapat dipahami bahwa pola rasionalisasi konsumsinya pun berbeda dengan pola yang dimiliki oleh ekonomi konvensional. Konsumen rasional dalam ekonomi Islam tidak mengenal istilah israf dan tabdzir. Selain itu, orientasi ibadah lillah juga turut mempengaruhi tindak tanduk konsumen muslim. Melalui tulisan ini, penulis berharap dapat memberikan gambaran komprehensif mengenai konsumsen rasional dan pada akhirnya dapat memberikan sumbangsih pengetahuan bagi umat Islam secara umum bagaimana menjadi seorang konsumen muslim yang rasional.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

tsarwah

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Tsarwah : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam diterbitkan oleh Program Ekonomsi Syariah Program Pascasarjana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Jurnal ini menerbitkan karya tulis ilmiah (Artikel) Mahasiswa, Dosen dan Peneliti lainnya dalam bidang Ekonomi Syariah dan Bisnis ...