Jurnal Penelitian Komunikasi
Vol 17, No 1 (2014): Jurnal Penelitian Komunikasi Vol. 17 No. 1 Tahun 2014

Pengaruh Pembelajaran Elektronik terhadap Mutu Belajar Mahasiswa

Karwati, Euis ( Universitas Islam Nusantara (UNINUS))



Article Info

Publish Date
31 Jul 2014

Abstract

Universitas Islam Nusantara (UNINUS) saat ini mengelola Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di mana dalam perkembangannya jumlah mahasiswa FKIP UNINUS setiap tahun mengalami peningkatan. Namun demikian, kenaikan tersebut belum sepenuhnya didukung oleh peningkatan kualitas pembelajaran bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pembelajaran elektronik di FKIP UNINUS; bagaimana kualitas pembelajaran di FKIP UNINUS; dan untuk mengetahui apakah pembelajaran elektronik berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran mahasiswa di FKIP UNINUS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Sampel yang dijadikan unit analisis adalah 100 mahasiswa FKIP UNINUS. Teknik sampling yang digunakan simpel random sampling (SRS). Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pembelajaran elektronik berada dalam kategori yang tinggi, sementara kualitas pembelajaran berada dalam kategori cukup. Selain itu, diperoleh temuan bahwa pembelajaran elektronik memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kualitas pembelajaran di FKIP UNINUS. Dengan demikian, pembelajaran elektronik perlu ditingkatkan karena terbukti mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di FKIP UNINUS.

Copyrights © 2014