CITRAWIRA : JOURNAL OF ADVERTISING AND VISUAL COMMUNICATION
Vol. 1 No. 1 (2020)

EDUWISATA DESA WISATA TAMANAN, BONDOWOSO SEBAGAI OBJEK PERANCANGAN MEDIA PROMOSI MELALUI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Hasanah, Fiqih Imroatil (Unknown)
Prilosadoso, Basnendar Herry (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2020

Abstract

Desa Wisata Tamanan merupakan sebuah desa wisata yang terletak di daerah Bondowoso Jawa Timur dengan berbagai potensi wisata yang jika ditinjau melalui kelima bidang yang ada, seperti agrowisata, seni kriya, kuliner, seni pertunjukan, dan perikanan menghasilkan tema konsep Eduwisata (wisata pendidikan). Kurang gencarnya promosi desa wisata tersebut membuat sebagian besar masyarakat luar Bondowoso belum mengetahui secara mendalam.  Maka dibuatlah suatu langkah perancangan yang diawali dengan membentuk sebuah corporate identity yang nantinya diaplikasikan kedalam berbagai media promosi yang sudah terencana seperti stationery, leaflet, sign system, poster, facebook, instagramdan merchandising seperti kaos, packaging kaos, gantungan kunci, tas serta kalender yang secara visualisasi terlihat seragam (tematik) agar membentuk image yang khas.  Metode yang digunakan adalah metode perancangan dengan mengumpulkan berbagai data dengan wawancara dan dokumentasi, dan metode analisa yang digunakan menggunakan deskriptif kualitatif dan SWOT. Hasil yang didapat adalah identitas visual yang khas, media promosi yang efektif dan efisien menggunakan website dan iklan koran serta media pendukung lainnya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

citrawira

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Fokus utama jurnal ini adalah untuk mempromosikan forum diskusi secara akademik global dan pertukaran interdisipliner maupun multidisiplin keilmuan dari para cendekiawan peneliti yang mengeksplorasi topik pada permasalahan periklanan dan komunikasi visual. Serial ini akan mendorong inovasi dan ...