Tunagrahita merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut anak yang memiliki kemampuan intelektual di bawah rata-rata. Kecerdasan di bawah rata-rata normal ini menyebabkan tunagrahita mempunyai kesulitan sedikitnya pada empat kawasan yang berkaitan dengan atensi, daya ingat, bahasa, dan akademik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana komunikasi antarpribadi tunagrahita di Asrama Yayasan Pendidikan Luar Biasa (YPLB) Cipaganti Bandung. Penelitian ini dilakukan untuk menangkap fenomena komunikasi antarpribadi tunagrahita yang terjadi di asrama YPLB Cipaganti. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan Etnografi Komunikasi dan teori Interaksi Simbolik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan berperan serta, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi antarpribadi yang dilakukan anak asrama dengan sesamanya maupun dengan pengurus asrama, merupakan rangkaian peristiwa komunikasi antarpribadi yang unik dan khas dengan proses yang berlangsung secara sirkuler dan terus menerus.
Copyrights © 2013