E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Vol 10 No 2 (2021)

PERAN MAINTENANCE DALAM MEMODERASI PENGARUH TQM TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN BOUNTY CRUISES DI PELABUHAN BENOA

Ni Putu Tara Damayanti Dewi (Universitas Udayana)
Ni Ketut Purnawati (Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2021

Abstract

Kinerja Perusahaan merupakan suatu keadaan yang dihasilkan oleh suatu perusahaan dengan mengacu pada standar penilaian kinerja perusahaannya. Kinerja dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi manajemen terhadap kualitas dan tinggi rendahnya kinerja organisasi. Dalam mengelola kualitas, perusahaan perlu menerapkan sistem manajemen kualitas yaitu Total Quality Management (TQM). Perusahaan juga perlu memperhatikan maintenance suatu objek layanan agar tetap berfungsi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja perusahaan yang dipengaruhi TQM dan peran maintenance dalam memperkuat atau memperlemah pengaruh TQM terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh sejumlah 96 orang crew/staff melalui metode wawancara dan kuisioner dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu Analisis Faktor dan Moderated Regression Analysis (MRA). Penelitian ini menghasilkan adanya peran maintenance yang mampu memperkuat pengaruh TQM terhadap kinerja perusahaan. Hasil penelitian ini dapat menjadi pedoman bagi perusahaan melalui pelaksanaan maintenance dan dimensi kualitas. Kata Kunci : TQM, Maintenance, Kinerja Perusahaan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and ...