Komunikasi Publik pemerintah Kota Manado dalam penanganan COVID-19 membawa banyakketidakpastian di tengah-tengah masyarakat yang ditunjukan oleh tidak efektifnya komunikasikebijakan yang dilakukan dan berujung pada kesalapahaman publik menangkap maksud darikebijakan pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi publikpemerintah Kota Manado dalam penanganan COVID-19 dengan metode deskriptif kualitatif. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa komunikasi publik yang dilakukan oleh pemerintah dari aspekketerbukaan tantangannya adalah sulit meyakinkan masyarakat, pemerintah telah menggunakanberbagai media bahkan media komunikasi baru, masyarakat dijangkau secara langsung melaluikerjasama komunikasi dengan berbagai pihak termasuk tokoh-tokoh masyarakat, koordinasi lintasdepartemen pemerintah selain dilakukan secara langsung juga memanfaatkan media whatsappgroup.Kata Kunci: Komunikasi Publik, Pemerintah, Penanganan COVID-19.
Copyrights © 2021