JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol 8, No 4 (2020): JE VOL 8 NO 4 (2020)

STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN EMAS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH (STUDI PADA PT. PEGADAIAN CP MANADO SELATAN)

Pangaila, Mega M. (Unknown)
Mandey, Silvya L. (Unknown)
Wenas, Rudy S. (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2020

Abstract

Abstrak: Strategi Pemasaran adalah kemampuan untuk menjual atau mendistribusikan produk perusahaan yang ada, dalam menarik minat masyarakat agar apa yang menjadi target dari suatu perusahaan dapat tercapai. Strategi pemasaran yang tepat dalam sebuah produk dapat memberikan pengaruh dalam meningkatkan jumlah nasabah di suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi internal- eksternal perusahaan yaitu kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, serta strategi pemasaran untuk produk tabungan emas di PT. Pegadaian CP Manado Selatan di masa yang akan datang. Jenis penelitian adalah Kualitatif Deskriptif dengan metode atau pendekatan Studi Kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan melalui tahap matrix EFE, IFE, IE dan TOWS, bahwa nilai dari matrix EFE=3,6 dan nilai matrix IFE=2,6 yang mengartikan bahwa perusahaan berada di sell II, berarti kedua matrix tersebut berada di atas rata-rata yang menggambarkan perusahaan memiliki kekuatan internal dan merespon dengan baik peluang yang ada. Dengan demikian strategi alternative untuk produk tabungan emas adalah Strategi Penetrasi Pasar dan Strategi Pengembangan Produk dalam perusahaan meningkatkan jumlah nasabah. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...