Jurnal Jurusan Ilmu Keolahragaan
Vol 9, No 1 (2021): April

Modul Pembelajaran PJOK Berbasis Tematik Terpadu untuk Peserta Didik pada Tema Kegemaranku (Sub Tema: Gemar Bernyanyi dan Menari)

Febrianti, Ainun Dian (Unknown)
Artanayasa, I Wayan (Unknown)
Sucita Dartini, Ni Putu Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2021

Abstract

Penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran PJOK berbasis tematik terpadu untuk peserta didik kelas 1 SD pada tema “Kegemaranku (Sub tema: Gemar Bernyanyi dan Menari) di Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan metode R&D desain Borg & Gall. Instrumen data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi bahan ajar ditinjau dari aspek isi / materi kategori sangat baik dengan presentase 90,58%. Aspek media pembelejaran kategori sangat baik dengan presentase 93,33%. Hasil uji lapangan persiapan guru kategori sangat baik dengan presentasi 96,25%, hasil uji lapangan peserta didik kategori sangat baik dengan presentasi 97,15%. Berdasarkan hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa pengembangan modul pembelajaran PJOK berbasis tematik terpadu untuk peserta didik kelas 1 SD pada tema “Kegemaranku (Sub tema: Gemar Bernyanyi dan Menari)” di Kecamatan Buleleng layak digunakan. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi peserta belajar didik guna meningkatkan kemampuan belajar PJOK.

Copyrights © 2021