BASASTRA
Vol 9, No 1 (2021): Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya

PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DI KELAS VIRTUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA

Berlyana Rahmawati (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)
Haryanti Budhi Utami (Unknown)
Benedictus Sudiyana (Unknown)
Agus Rohadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2021

Abstract

Adanya pandemi covid-19 sejak akhir tahun 2019 berpengaruh terhadap proses pembelajaran, yaitu tidak memungkinkan diadakannya pembelajaran dengan sistem tatap muka di kelas. Sesuai kebijakan pemerintah, pembelajaran formal di sekolah harus dilaksanakan secara daring dan salah satu medianya adalah aplikasi google classroom. Wahana tersebut merupakan hal baru bagi siswa sehingga memungkinkan berbagai hambatan dalam penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan melalui observasi langsung di SMA Negeri 1 Polokarto, Kabupaten Sukoharjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan aplikasi google classroom dalam pembelajaran sudah efektif. Aplikasi dapat dioperasikan guru dan siswa. Meskipun demikian, siswa masih membutuhkan bimbingan guru secara langsung atau tatap muka selain pembelajaran daring melalui google classroom.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Basastra

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is published twice a year in April and October (ISSN 2302-6405) contains scientific articles on language, literature, and its relation to teaching, about linguistics and applied linguistics studies, about the literary studies, and about the literary ...