Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan efektivitas penyajian pengembangan metode pembelajaran investigasi kelompok dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi membaca pada siswa kelas V SDN 104372 Tahun Pelajaran 2019-2020 . Subjek penelitian terhadap pengembangan metode pembelajaran investigasi kelompok adalah validator. Selain itu, yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas SDN 104372 Batang Terap. Objek penelitian terhadap penelitian ini adalah metode pembelajaran, yaitu metode investigasi kelompok yang diimplementasikan pada siswa kelas V SDN 104372 Tahun Pelajaran 2019-2020. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian pengembangan (Research & Development). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket, tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan metode pembelajaran investigasi kelompok efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas SDN 104372 Batang Terap Tahun Pembelajaran 2019-2020 , dimana nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebelum proses pengembangan yaitu sebesar 59,57 yang berada pada kategori cukup. Selanjutnya, setelah proses pengembangan metode pembelajaran investigasi kelompok dan implementasi metode pembelajaran investigasi kelompok menunjukkan bahwa hasil nilai rata-rata yang dimiliki siswa yaitu sebesar 80,71. Dengan demikian, rata-rata tingkat kemampuan membaca siswa kelas SDN 104372 Batang Terap Tahun Pembelajaran 2019-2020 setelah pengembangan metode pembelajaran investigasi kelompok berada pada kategori baik.
Copyrights © 2020