Medium : Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi
Vol 8 No 2 (2020): Medium Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN NOVELIS INDAH RIYANA MELALUI APLIKASI WATTPAD

Nurjanah Nurjanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2021

Abstract

Indah Riyana adalah penulis novel yang melakukan penulisan di Aplikasi Wattpad, dan telah berhasil mempromosikan karyanya sehingga tercatat sebagai tiga novel yang berhasil diterbitkan dan difilmkan. Jumlah pengikutnya lebih dari 140 ribu follower. Agar bisa dipublikasi Indah Riyana menggunakan strategi pemasaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana proses perencanaan, implementasi dan evaluasi dari strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Indah Riyana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, melalui teknik purposive dengan informan sebanyak 8 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan Indah Riyana adalah menganalisis khalayak sasaran dengan fokus pada karya bergenre romansa remaja hingga dewasa muda, sekaligus memilih Wattpad sebagai media publikasi karya paling tepat melihat sistematika ranking, vote, komentar dan jumlah pembaca yang menguntungkan. Tahap implementasi, Indah Riyana menerapkan promosi penjualan melalui pre order dan special offer, penerapan event marketing dengan menginformasikan meet and greet, kuis dan giveaway, serta public relations menekankan pada publisitas. Tahap evaluasi dengan menganalisis efektivitas penerapan 4P dan mengetahui tanggapan segmentasi pasar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Medium

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal medium menerima artikel naskah di bidang ilmu komunikasi yang sesuai dengan tradisi penelitian ilmu komunikasi (Semiotika, Sibernetika, Fenomenologi, Sosiopsikologis, Sosiokultural, Kritis, Retorika). Secara umum objek penelitian ilmu komunikasi yang diterbitkan dalam jurnal Medium adalah ...