PUBLIKASI PENELITIAN TERAPAN DAN KEBIJAKAN
Vol 2 No 2 (2008): Jurnal Pembangunan Manusia

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERNALAR SISWA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME

Indrawati, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bernalar mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah dalam perkuliahan Psikolinguistik melalui pembelajaran konstruktivisme. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian berlangsung selama dua siklus, mulai September –Desember 2007. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester V Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan daerah. Prosedur penelitian diawali dengan perencanaan, implementasi, observasi, dan evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan bernalar mahasiswa dalam perkuliahan Psikolinguistik melalui pembelajaran konstruktivisme. Penelitian berakhir pada siklus II karena, baik dari hasil tes maupun hasil proses pembelajaran, telah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.

Copyrights © 2008






Journal Info

Abbrev

pptk

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Public Health Social Sciences

Description

The purpose of this Journal Publication is to provide space to publish critical thinking on the results of original research, as well as conceptual opinions from academics, researchers, and also support those who have never discussed about other media.This Journal Scope of Economics, Health, ...