Di Indonesia terdapat berbagai macam kemasan air minum mulai dari gelas, botol dan gallon yang memiliki merek dagang seperti Aqua, Vit, Club dan lain-lain dengan spesifikasi produk dan target konsumen yang berbeda. OLGA merupakan produk baru bagi pasar air minum dalam kemasan di kota Bandung. Agar bisa bersaing dengan produk sejenis, diperlukan merek yang kuat. Untuk membangun merek yang kuat, perlu dilakukan analisis elemen brand equity yang dapat menjadi landasan berguna bagi pihak OLGA untuk menyusun langkah strategis dalam meningkatkan eksistensi merek. Dalam penelitian ini dilakukan pengumpulan data melalui kuesioner dengan cara wawancara langsung kepada 50 orang responden dengan cara sampel acak. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data brand awareness, data perceived quality dan data brand loyalty. Darihasil penelitian diperoleh nilai brand awareness air minum dalam kemasan OLGA adalah 4% brand recognition dan 96% brand unaware. Hasil penelitian atribut perceived quality OLGA prioritas yang harus diperbaiki adalah rasa air minum dalam kemasan dan kemudahan produk untuk didapatkan oleh konsumen. Hasil penelitian brand loyalty merek OLGA adalah loyal consumer 33% dan unloyal consumer 67%. Dari hasil elemen brand equity tersebut untuk meningkatkan kesadaran konsumen tentang merek OLGA diperlukan strategi new product terutama peningkatan promosi, kualitas dan distribusi produk.
Copyrights © 2013