Muhammadiyah Riau Accounting and Business Journal
Vol 2 No 1 (2020): Muhammadiyah Riau Accounting and Business Journal: Oktober - Maret

Dampak Sikap Konsumen dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian: Atmosfer Sebagai Variabel Moderasi

Nurul Sriminarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2020

Abstract

Atmosfer seringkali digunakan oleh pelaku bisnis restoran untuk membantu konsumen dalam keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini berfokus kepada sikap serta kualitas pelayanan dalam perubahan perilaku konsumen yang diakibatkan oleh Covid-19, sehingga dapat mempengaruhi perilaku pasca pembelian. Sampel penelitian adalah 100 responden di wilayah Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan metode structural equation modeling – partial least square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas pelayanan menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian juga menemukan bahwa atmosfer dapat memoderasi kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Temuan ini memberikan implikasi bahwa atmosfer menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan konsumen untuk membuat keputusan pembelian.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

MRABJ

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Muhammadiyah Riau Accounting & Business Journal (MRABJ) is published by the Faculty of Economics and Business Universitas Muhammadiyah Riau. MRABJ Published twice a year in April and October. MRABJ is a media of communication and reply forum for scientific works especially concerning the field of ...