Psiko-Edukasi
Vol 18, No 2 (2020): Psiko Edukasi

KONDISI BELAJAR SATU SISWA KELAS VII SMP KRISTOFORUS I YANG MENGALAMI HAMBATAN AKADEMIK

Damayanti Damayanti (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta)
Gerda K. Wanei (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2020

Abstract

Kondisi belajar adalah suatu situasi belajar (learning situation) yang dapat menghasilkan perubahan perilaku (performance) pada seseorang yang setelah ia ditempatkan pada situasi tertentu. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kondisi belajar satu siswa Kelas VII SMP Kristoforus I. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi dan wawancara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi belajar internal NV terkait dengan indikator kondisi fisiologis tidak mengalami hambatan namun NV mengalami hambatan pada indikator kondisi psikologis. Kondisi belajar eksternal NV terkait indikator kondisi lingkungan sosial kurang mendukung proses belajar subjek NV. Selain itu, kondisi belajar eksternal terkait indikator kondisi instrumental, menunjukkan bahwa guru belum berperan secara optimal dalam menunjang keberhasilan belajar subjek NV. Peneliti memberikan saran kepada guru Wali Kelas, Guru BK, dan Mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Copyrights © 2020