COMMENTATE: Journal of Communication Management
Vol. 1 No. 1 (2020): COMMENTATE: Journal of Communication Management

Special Event Sebagai Sarana Meningkatkan Citra Panasonic Beauty

Adinda Mutiara Pratiwi (Unknown)
Mahdiah Mahdiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

PT Panasonic Gobel Indonesia adalah sebuah perusahaan manufaktur kelas dunia di bidang elektronik, khususnya untuk kebutuhan konsumen awam, bisnis dan industri. Beberapa tahun terakhir, Panasonic meluncurkan sebuah produk baru yaitu Panasonic Beauty yang belum luas distribusinya sehingga citranya pun masih kurang di kalangan masyarakat. Tujuan dari perencanaan konsep ini adalah untuk meningkatkan citra Panasonic Beauty, disamping produk-produk elektronik Panasonic lainnya yang juga telah lama eksis di Indonesia. Perencanaan ini berupa strategi Public Relations roadshow campus-to-campus bernama “Girls Beauty Room by Panasonic Beauty” yang telah kami rancang. Perencanaan strategi ini dibuat menggunakan teori 9 Steps Strategy of Public Relations oleh Ronald D. Smith. Strategi yang digunakan adalah membuat special event “Girls Beauty Room by Panasonic Beauty” yang terdiri dari pre-event, special event, dan post-event. Pre-event berupa penyelenggaraan press conference untuk media terpilih sebagai wadah untuk mempromosikan special event. Special event “Girls Beauty Room by Panasonic Beauty” mencakup 3 acara yaitu talkshow, free hairstyling di mobile salon, dan perlombaan foto di Instagram Panasonic Beauty. Rangkaian acara diakhiri dengan post-event berupa evaluasi dan media monitoring. Untuk hasil akhir (evaluasi), perencanaan ini menggunakan 6 langkah evaluasi yaitu menghitung berapa media yang datang, menghitung berapa banyak partisipan special event, menganalisis antusiasme dari partisipan special event, menghitung berapa banyak publik yang memberikan publikasi, melakukan media monitoring, menghitung berapa persen citra Panasonic Beauty yang meningkat setelah kegiatan acara dilakukan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

commentate

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

The objective of COMMENTATE: Journal of Communication Management is to encourage research related but not limited to: 1. Corporate communication. Communication that involves a set of activities with external and internal stakeholders to create favourable conditions. 2. Media communication. ...