Abstrak Tekstur merupakan karakteristik penting dari penampilan objek dalam pemandangan alam, dan merupakan syarat kuat dalam persepsi visual. Pemahaman tekstur merupakan bagian penting dari memahami visi manusia. Pada  objek 3-dimensi pemberian tekstur merupakan hal yang harus dilakukan agar objek terlihat lebih realistis. Maps berwujud gambar tekstur 2D dituangkan ke permukaan geometri/objek untuk membuat penampilan objek tersebut tampak halus untuk detail permukaannya. Pada pengembangan grafik realisme tingkat tinggi diperlukan lebih banyak lapisan tekstur, agar hasil mapping mendekati kesempurnaan. Sebuah tekstur maps yang diterapkan (dipetakan) biasanya dipakai untuk permukaan bentuk objek polygon, proses ini mirip dengan menerapkan texture pada kertas berpola kotak putih yang polo. Pada penelitian ini proses pemberian teksture pada objek 3-dimensi meliputi lantai, furniture dan gedung. Tekture yang digunakan didapat dari mengambil dari photo objek tersebut dalam dunia nyata.Kata Kunci: texturing, texture mapping,3-dimens,
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015