Rekayasa: Jurnal Penerapan Teknologi dan Pembelajaran
Vol 16, No 2 (2018): Desember 2018

PELATIHAN PEMANFAATAN SCRATCH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Sutikno, Sutikno (Unknown)
Susilo, Susilo (Unknown)
Hardiyanto, Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2019

Abstract

Perkembangan teknologi komputer semakin pesat, hal ini mendorong para guru untuk lebih memilih media yang berhubungan dengan komputer. Pembelajaran mata pelajaran (mapel) menggunakan media online Scratch belum banyak dilakukan, karena program Scratch termasuk program baru yang belum banyak dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Media interaktif berbasis Scratch. Materi maple merupakan media yang dibuat menggunakan program Scratch dengan pokok bahasan materi maple SMA. Mapel merupaka salah satu materi dalam pelajaran maple di SMA yang masih membutuhkan pemikiran yang abstrak. Menghasilkan model animasi untuk menjadi salah satu alternatif media pembelajaran bagi siswa. Pengembangan media ini mengikuti model 4D yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu: pendefinisia, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. uji coba program dilakukakan pada guru SMA yang dilaksanakan di SMAN 1 Mraggen dan SMAN 1 Karangtengan – Kab.Demak. Metode pengumpulan data menggunakan data penyebaran angket dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data maka dalam pengabdian berharap dapat dilaksanakan bahwa media pembelajaran online berbasis Scratch dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

rekayasa

Publisher

Subject

Engineering

Description

REKAYASA journal publishes exciting articles from all fields of research and Engineering Science. The journals primary focus is on research practice and engineering processes utilizing biomass or factory waste. The engineering journal is an open-access peer-reviewed journal that publishes articles ...