Dalam pembelajaran konvensional, salah satu cara untuk mengatasi kebosanan siswa dalam belajar adalah dengan melaksanakan suatu model pembelajaran yang mengandung unsur permainan seperti salah satunya yaitu dengan melaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament) dalam pembelajaran. Dengan pembelajaran Namun pembelajaran TGT ini hanya dapat dilakukan pada saat belajar disekolah saja. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu dikembangkan sebuah aplikasi yang mendukung pembelajaran TGT agar dapat dilakukan dimana saja. Untuk mendukung pembelajaran TGT agar dapat dilakukan dimana saja, maka diperlukan suatu aplikasi e-learning. Dengan menuangkan konsep pembelajaran TGT ke dalam e-learning tentu akan membuat e-learning tersebut menjadi lebih menarik dan diminati siswa. Hasil penelitian ini berupa aplikasi e-learning berbasis model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams game Tournament) yang dirancang menggunakan DFD (Data Flow Diagram) dengan 3 entitas yaitu administrator, pengajar, dan siswa. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemprograman PHP serta MySQL sebagai databasenya. Dengan adanya perangkat lunak ini akan memungkinkan siswa untuk melakukan pembelajaran kooperatif tipe TGT kapan dan dimana saja.    Kata Kunci: e-learning, kooperatif, TGT (Teams Game Tournament).  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2011