Berdasarkan data kunjungan pasien rawat jalan di Rumah Sakit H.A. Djunaid, khususnya Poli Psikiatri mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, yaitu sejumlah 85 pasien (1%) tahun 2014, menjadi 588 pasien (6%) tahun 2015, meningkat lagi sebanyak 2.232 pasien (17%) tahun 2016, dan tahun 2017 sebanyak 5997 pasien (21%). Kenaikan jumlah pasien diikuti bertambahnya keluhan. Keluhan berasal dari keluarga pasien Poli Psikiatri yang merupakan permasalahan yang harus segera di tindaklanjuti oleh pihak manajemen. Meningkatnya jumlah keluhan dari tahun ke tahun yaitu pada tahun 2014 sebanyak 3 kasus (5%), tahun 2015 menjadi 10 kasus (17%), tahun 2016 menjadi 12 kasus (22%), tahun 2017 menjadi 16 kasus (33%). Ketidakpuasan berbeda satu sama lain tergantung faktor internal dari tiap individu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan, sikap, dan minat terhadap kepuasan keluarga pasien di Poli Psikiatri RS H.A. Djunaid Kota Pekalongan.Penelitian ini merupakan penelitian inferensial kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 204 responden dengan kriteria tertentu, menggunakan instrumen kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan dianalisis menggunakan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata usia responden 45 tahun, berjenis kelamin laki-laki, pendidikan SLTP, bekerja sebagai wiraswasta, berpengetahuan baik, memiliki sikap positif dan minat yang tinggi. Terdapat hubungan yang bermakna masing-masing variabel yaitu pengetahuan (p=0,000), sikap (p=0,000), minat (p=0,000), umur (p=0,001), jenis kelamin (p=0,000), pendidikan (p=0,000), dan pekerjaan (p=0,000) terhadap kepuasan. Tingkat kepuasan diukur berdasarkan dimensi kepuasan, meliputi kenyamanan pelayanan, ketersediaan, karakter pemberi pelayanan, pembiayaan dan mutu pelayanan. Variabel yang berpengaruh paling dominan adalah pengetahuan. Keluarga pasien dengan pengetahuan baik memiliki risiko 2,427 kali lebih besar untuk tidak puas terhadap pelayanan dibanding dengan yang berpengetahuan kurang baik.Saran yang bisa diberikan adalah dengan memperbaiki kualitas pelayanan seperti, edukasi kepada pasien/keluarga tentang kesehatan, pelatihan service excellent bagi petugas dan lain-lain. Sehingga diharapkan kepuasan akan meningkat. Kata Kunci : Poli Psikiatri, Kepuasan, Keluarga PasienPustaka : 57 (1991-2017)
Copyrights © 2018