Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa (DINAREK)
Vol 16, No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Agustus 2020

Evaluasi Tebal Perkerasan Lentur Akibat Beban Berlebih Dengan Metode Austroads Menggunakan Program Circly 6.0

Anita Rahmawati (Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Muhammad Iqbal (Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Emil Adly (Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2020

Abstract

Faktor utama terjadinya kerusakan jalan yaitu akibat dari angkutan barang yang membawa beban melebihi sumbu terberat suatu kendaraan (Overload). Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan desain tebal perkerasan menggunakan beban standar dan akibat beban berlebih kendaraan. Metode Austroads digunakan dalam mendesain tebal perkerasan, sedangkan Program Circly 6.0 digunakan untuk mengevaluasi kemampuan tebal perkerasan tersebut dalam memikul beban. Data LHR dan beban kendaraan digunakan untuk menghitung nilai Equivalent Standard Axles (ESA), Cumulative Growth Factor (CGF), dan Design Equivalent Standard Axles (DESA), sehingga dapat diketahui jenis material dan tebal setiap lapis perkerasan menggunakan Design Chart. Dari hasil penelitian didapatkan tebal lapis perkerasan untuk umur rencana 20 tahun dengan CBR tanah dasar 5% untuk beban standar yaitu Lapis permukaan 17,5 cm (Aspal, Modulus 3000 MPa), Lapis pondasi atas 10 cm (Granular, Modulus 350 MPa), dan lapis pondasi bawah 25 cm (Cemented Material, Modulus 5000 MPa), sedangkan untuk beban berlebih dengan material yang sama, tebal perkerasan terdiri dari Lapis permukaan 22,5 cm, Lapis pondasi atas 10 cm, dan  lapis pondasi bawah 20 cm. Beban berlebih yang digunakan dalam perhitungan masuk dalam kategori pelanggaran tingkat II (5-15%) dan tingkat III (>25%).  Dari Program Circly 6.0 dapat diketahui bahwa desain Lapis perkerasan untuk beban standar maupun beban berlebih sudah memenuhi standar dan aman untuk digunakan. Hal ini ditandai dengan nilai Cumulative Damage Factor (CDF) ≤1

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

DINAREK

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

DINAREK is a scientific journal published by Engineering Departement of Jenderal Soedirman University. DINAREK is a peer reviewed nasional journal in Indonesian, published two issues per year (February and August). DINAREK is to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest ...