Penelitian ini bermaksud untuk melihat kemampuan representasi matematis siswa yang diterapkan dengan model Problem Based Learning dan pembelajaran konvensional dengan materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel kelas VIII di MTsN 4 Banda Aceh. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas delapan MTsN 4 Banda Aceh yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dikerjakan secara random dan diperoleh kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-5 sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas sebanyak 30 siswa. Data penelitian ini berupa hasil uji kemampuan representasi matematis siswa yang dikumpulkan atas seperangkat soal esai yang terdiri dari 4 soal. Hasil tes kemampuan representasi matematis siswa pada kelas eksperimen didapat rata-rata 62 dan pada kelas kontrol 48. Analisis data dengan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 di mana derajat kebebasan dk = 58, dapat kita simpulkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning lebih baik dari pada pembelajaran konvensional pada materi sistem persamaan linear dua variabel di MTsN 4 Banda Aceh. Kata Kunci:     kemampuan representasi, model problem based learning.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019