Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2 (2019): Mei 2019

Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel melalui Model Problem Based Learning di MTsN 4 Banda Aceh

Nurul Fitri (Universitas Syiah Kuala)
Yuhasriati Yuhasriati (Universitas Syiah Kuala)
Bainuddin Yani S (Universita Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
30 May 2019

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk melihat kemampuan representasi matematis siswa yang diterapkan dengan model Problem Based Learning dan pembelajaran konvensional dengan materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel kelas VIII di MTsN 4 Banda Aceh. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas delapan MTsN 4 Banda Aceh yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dikerjakan secara random dan diperoleh kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-5 sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas sebanyak 30 siswa. Data penelitian ini berupa hasil uji kemampuan representasi matematis siswa yang dikumpulkan atas seperangkat soal esai yang terdiri dari 4 soal. Hasil tes kemampuan representasi matematis siswa pada kelas eksperimen didapat rata-rata 62 dan pada kelas kontrol 48. Analisis data dengan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 di mana derajat kebebasan dk = 58, dapat kita simpulkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning lebih baik dari pada pembelajaran konvensional pada materi sistem persamaan linear dua variabel di MTsN 4 Banda Aceh. Kata Kunci:     kemampuan representasi, model problem based learning.

Copyrights © 2019